Welcome to My Blog!

Bienvenue Sedoyo lan Sedulor
Follow Me

Seluk beluk Perkuliahan di Maroko



By  Unknown     10.42    Label: 

Sebentar lagi akan dibuka pendaftaran studi ke timur tengah (Mesir, Maroko dan sudan) untuk itu saya akan sharing ke teman-teman tentang perkuliahan di timur tengah khususnya di Maroko sebagai bahan pertimbangan sebelum benar-benar memilih Maroko.

Mari kita bahas seluk beluk perkuliahan di Maroko:

  1. Di Maroko, masa perkuliahan untuk jenjang s1 normalnya 3 tahun, s2 2 tahun dan s3 3 tahun.
  2. Semua perkuliahan di Universitas negeri tidak memungut biaya semesteran karena semuanya digratiskan baik mahasiswa local maupun Internasional.
  3. Universitas Negeri di Maroko di bawah naungan Kementerian pendidikan tinggi. Dan khusus pengurusan mahasiswa internasional dibawah wewenang AMCI.
  4. Di Universitas Maroko perkuliahan umum (ekonomi, teknik, perikanan, hukum) menggunakan bahasa pengantar perancis sedang perkuliahan yang berhubungan dengan ke-agamaan umumnya menggunakan bahasa pengantar arab.
  5. Ada kelas persiapan bahasa Perancis bagi yang memilih jurusan berbahasa pengantar perancis.
  6. Indonesia diberikan Kuota 15 orang semuanya berbeasiswa. Beasiswa tersebut sebesar 1500 DH diberikan per-2 bulan sekaligus.
  7. Setiap Universitas di Maroko mempunyai asrama mahasiswa. Jika ingin masuk ke asrama mahasiswa harus mendaftar di AMCI.
  8. Sistem penerimaan mahasiswa baru di Maroko tidak dibatasi umur, tua ataupun muda bisa daftar (khususnya jurusan Pendidikan Agama Islam). namun bagi Mahasiswa asing ijazah minimal 2 tahun.
  9. Di Maroko sebagian besar kampus tidak mengenal KKN (Kuliah Kerja Nyata).
  10.  Dalam perkuliahan di Maroko tidak ada aturan yang mengikat terutama soal penampilan, semuanya bebas memakai baju yang diinginkan asal sopan dan rapi. Khusus absensi menjadi hak setiap dosen.
  11. Masa perkuliahan di Maroko umumnya dimulai pada bulan September, dan akan berlangsung dalam 5 bulan per-semester, dan dalam 5 bulan itu biasanya diadakan UTS (tergantung dosen dan fakultas).
  12. Di Maroko menggunakan system modul bukan SKS. Penjelasan ada di link berikut Sistem kuliah.
  13. Di Maroko terdapat masa libur panjang yaitu pada musim panas selama 3 bulan full.
  14. Fakultas di Maroko umumnya tidak memisahkan antara laki-laki maupun perempuan, semuanya dalam satu ruangan. Khusus untuk Jurusan islamic studies tempat duduk laki-laki dan perempuan dipisah.
  15. Universitas negeri umumnya ada disetiap kota-kota besar dan tidak ada pemeringkatan.
  16. Perkuliahan dalam satu ruangan biasanya dihadiri ratusan mahasiswa, seperti di seminar. Sangat kontras sekali perbedaannya di Indonesia.

Cukup sekian dulu. Untuk kawan-kawan yang ingin kuliah di Maroko harap dipersiapkan mentalnya selurus mungkin.

Lumrahnya di setiap pijakan, kita akan menemukan permasalahan klasik/baru. Khusus untuk Pelajar Indonesia di Luar negeri hal tersebut merupakan hal yang harus disantap. Jadi siapkan bekal untuk menyongsong perbekalan anda di Maroko.

Good job ……


About Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

14 komentar:

  1. Assalamu'alaikum, terimakasih infonya.. Saya ingin bertanya sistem pengajaran di Maroko ada menerapkan sistem diskusi dan penulisan makalah atau gk? kalau ada seberapa besar persentasinya ??

    BalasHapus
  2. waalaikumsalam ..... kalau makalah biasanya ada dan itu tergantung dosen. tapi kebanyakan "makalah" itu memang mutlak dan harus ada. sedang untuk presentasi, setiap mahasiswa bisa konfirmasi ke dosen

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum, boleh nanya a... kalau disana itu apakah harus memakai ijazah dari madrasah aliyah? terus kalo fakultas nya umum nya ada? kalo ada bahasa dominan yang digunakan apa? lalu kalau berminat harus mendaftar kemana?

    JazakallahKhair atas infonya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam ....
      untuk masalah "ijazah" baik dari SMA/MA tidak menjadi kendala asalkan sdh bisa berbahasa arab ataupun lulus seleksi di kementerian agama.
      jurusan umum selain studi keislaman/syriah/bahasa arab semuanya menggunakan bahasa pengantar perancis, baik di fak. ekonomi/kependidikan/kedokteran/sastra dan lain2

      Hapus
  4. Ana jg mw nanya gmana cara dadtar'y ya akh ..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kunjungi web. diktis kemenag. saat ini sdh dibuka pendaftaran dr tanggal 7-15 mei 2016

      Hapus
  5. Assalamualaykum. Institusi yg menrima studi S3 untuk kedokteran atau kesehatan apa ya? Trimakasih

    BalasHapus
  6. Assalamualaykum. Institusi yg menrima studi S3 untuk kedokteran atau kesehatan apa ya? Trimakasih

    BalasHapus
  7. assalamualaikum .. mau tanya .. klo pake ijazah pondok bisa apa tidak ?

    BalasHapus
  8. assalamualaikum .. mau tanya .. klo pake ijazah pondok bisa apa tidak ?

    BalasHapus
  9. Assalamuaialikum, univ negri mana yg s2 nya ada jurusan fiqh 4 madzhab?
    Oh ya, cara kan smua univ da asramanya, cara klo yg univ2 negri boleh bawa elektrinik gak? Khususnya hp?? Cara mohon di balas ya kak,,,, lg bth bgt info nih.... Cara makasih

    BalasHapus
  10. Oh ya maksd ane td bwt asrama cewek,,, syukron

    BalasHapus
  11. Assalaamu'alaikum. pendaftaran universitas di Maroko, kapan lagi terbuka ya akhi ?

    BalasHapus
  12. MASALAH KEDATANGAN MAHASISWI DN MAHASISWA APAKAH MRK ADA YG JEMPUT DIBANDARA DAN APAKAH MASALAH ASRAMA JG DIBANTU OLEH SENIOR YG SDH ADA ``ANDAI ANAK SY (PEREMPUAN) MAU KULIAH DIMAROKO YG SY PIKIRKAN ADALAH KONDISI KEAMANAN DISANA..DN TRANSPORT DR ASRAMA KEKAMPUS

    BalasHapus